30 Desember 2010

Seni dalam Sunset

Waaaah, long time no see! Habis aku udah lama gak posting nih. Hehehe
Aku anggap deh kalian tanya, "emang kemana aja?"
Jadi aku jawab, "habis dari Bengkuluuuuu, hahahaha"

Oke, karna sebuah tulisan yang bagus adalah tulisan yang nyambung dengan judul, akan segera kuhubungkan dengan judul yang kupikirkan tak sampai sedetik itu. (Tak diragukan, otakku memang mengagumkan --")

15 Desember 2010

Mention dari Will Dunn ♥

Ya Allah, aku gak nyangka!
Hahahaha
Seneng banget aku :D

Tadi waktu aku lagi online twitter (follow twitter aku di sini), aku kan liat Will Dunn update gitu, iseng22 dengan perasaan gak yakin, aku mention dia.
Biasa, minta folback.
gini deh:
@WillDxnnPFC follow me back please :)

10 Manusia Jenius di Muka Bumi

1. Kim Ung-Yong : Manusia Ber-IQ Tertinggi di Dunia

Lahir pada tahun 1962, Anak dari Korea ini dinobatkan sebagai manusia jenius di seluruh dunia. Bayangkan Pada unur 4 tahun, dia sudah bisa membaca huruf Jepang , Korea ,Jerman,Inggris. Pada umur 5 tahun ia mampu memacahkan masalah pada soal kalkulus. ia mencatatkan dirinya pada Guinness Book of World Records dengan "Highest IQ" 210.

13 Desember 2010

Aku Korban Aliran Sesat

Lusa ada mata kuliah Perkembangan Pemikiran Islam!
Aaaa, tugas powerpoint yang menjijikkan itu masih belum selesai, padahal sudah jam 221.19 saat aku mengetik kalimat ini.
Sementara apa yang kulakukan? Online facebook, menyanyikan lagu Justin Bieber dengan suara sumbangku, dan memposting yang satu ini.

12 Desember 2010

Perjalanan ke Tangkahan :D

"Wee, ayo ke Tangkahan. Cantik tempatnya.."
Haha, ini awal semuanya. Bendahara kelas kami, Melisa, ngajak masyarakat di kelas V-C pagi matematika buat jalan-jalan ke Tangkahan.
Kami sih setuju aja, walaupun tetep ada beberapa ekor makhluk yang merusak suasana. Tapi siapa peduli? Toh, kehadiran makhluk-makhluk itu gak terlalu ngaruh buat kami. Haha, kejamnya aku.

16 Juni 2010

Ajaibnya Angka 9

Kali ini saya akan membahas angka 9 yang ajaib. Ajaib bagi saya dan bagi dunia :D
Walaupun di note pesbuk, saya juga sudah pernah membahasnya, tapi ini tetap menarik.

Saya sendiri sudah resmi memproklamirkan angka 9 sebagai angka favorit. Tanya kenapa?
Saya lahir tanggal 19-09-1990 :)

Nah, kalo bagi dunia, apa sih keajaiban angka 9?

1. Dalam agama Islam angka Sembilan sangat dikenal dengan adanya ASMAUL HUSNA yaitu nama-nama yang Agung yang sesuai dengan sifat-sifatNYa berjumlah 99.
2. Di dalam Kitab Suci Al Quran nama Allah disebutkan sebanyak 2799 kali; angka itu jika kita jumlah menghasilkan 2 +7+9+9 = 27 maka kembali angka 27 adalah 2 dan 7 juga 9.
3. Penyebar agama Islam di pulau Jawa yang terkenal adalah 9 wali yang dikenal sebutan WALISANGA;
4. Susunan Tatasurya dan peredaran planet yang menglilingi matahari selama ini dikenal berjumlah 9 ; dari Matahari sebagai pusat tatasurya lalu, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus....dan Pluto; walaupun saat ini Plutio tidak lagi dimasukkan golongan planet namun terhitung dengan matahari jumlahnya tetap 9.


5. Masyarakat Cina mempunyai kepercayaan pada angka 9 sebagai angka istimewa dan angka keberuntungan. L. Simanjuntak dalam detik news menuliskan, masyarakat China punya catatan sejarah khusus tentang angka yang juga sering dimaknai sebagai kesuksesan atau pencapaian tertinggi ini. Seperti dilansir LiveScience.com, kekaisaran China kuno sangat dekat dengan hal-hal yang berbau angka 9. Hal ini tampak dalam arsitektur dan kostum kerajaan yang bermotif 9 naga.

Dinasti Ming (1368-1644) juga meyakini kekuatan angka 9 lewat 'Kota Terlarang' yang terletak di pusat Kota Beijing. Di komplek kerajaan yang sampai saat ini masih terawat dengan baik terdapat 9.999 bangunan yang melambangkan angka panjang umur dan berkuasa bagi kaisar.

Berbeda dengan China, Jepang justru menganggap angka 9 sebagai angka yang harus dihindari karena bermakna 'penderitaan'. Angka 9 dianggap sebagai kesialan tertinggi setelah angka 4 yang berarti kematian.

Sedang di Indonesia kita juga kenal rokok Djie sam soe dengan simbul angka 234 kalau dijumlahkan ada 9 dan menurut kepercayaan Tiongkok adalah angka istimewa, angka keberuntungan.

6. Inilah keajaiban angka 9 dalam matematika :

Berapapun angka (kecuali 0) jika dikalikan dengan angka 9 akan menhasilkan angka sembunyi 9. Artinya jumlah perkalian jika dihitung akan kembali pada angka 9. Contoh

2 x 9 = 18 angka tersembunyi 1 dan 8 dijumlah = 9
3 x 9 = 27 angka tersembunyi 2 dan 7 dijumlah = 9
12 x 9 = 108 angka tersembunyi 1, 0 dan 8 dijumlah = 9
134 x 9 = 1206 angka tersembunyi 1,2,0, dan 6 dijumlah = 9
Nah kita variasikan lagi coba kalikan dengan kelipatan Sembilan….. ya berapapun kelipatan sembilan tetap menghasilkan angka tersembunyi 9
Contoh : 12345 x 18 = 222210 masih belum percaya……coba ambil kertas dan kalkulator dan dicoba maka kita akan tercengang hasilnya adalah TETAP dengan angka tersembunyi 9. Keajaiban ini tidak terjadi pada angka selain 9.

Lebih jauh lagi berapapun angka disusun sesama angka yang mempunyai angka tersembunyi 9 dan dikalikan maka akan TETAP menghasilkan angka tersembunyi 9
Contoh : 5678436 x 1863 hasilnya …………………..(tolong dihitung ya….)


Artikel ini bisa dilihat di http://hariyanto-belajarinternetlonglife.blogspot.com/2009/09/keajaiban-angka-9.html

13 Juni 2010

Mengetahui Nomor Telepon 7 Digit Seseorang

Layar kalkulator akan menampilkan nomor telepon 7 digit anda

1. Masukkan tiga digit pertama dari nomor telepon anda di kalkulator (tidak termasuk 0 di depannya)

2. Hasilnya kalikan dengan 80

3. Tambahkan hasilnya dengan 1

4. Kalikan 250

5. Hasilnya tambah dengan empat digit terakhir nomor telepon itu

6. Tambahkan sekali lagi dengan empat digit terakhir itu

7. Hasilnya kurangi 250

8. Bagi hasilnya dengan 2



Artikel ini juga bisa dilihat di http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=15340

Mengetahui Hari Kelahiran Seseorang

Menemukan hari kelahiran anda

Langkah-langkah:

1. Tentukan tanggal kelahiran yang dicarik harinya, misalkan 16 September 2009.

2. Tentukan jumlah hari dalam tahun itu, sejak awal tahun hingga hari lahir. Untuk tahun kelahiran kabisat, atau tahun yang habis dibagi dengan 4 dan seterusnya, maka jumlah hari di bulan Pebruari adalah 29 hari (tahun-tahun kabisat adalah dari sebelumnya … 1968, 1972, 1976, 1980, 1984, 1988, 1992, 1996, 2000, 2004, 2008, 2012, dst)



Tabel 1

Januari=31, Pebruari=28 atau 29, Maret=31, April=30, Mei=31, Juni=30, Juli=31, Agustus=31, September=30, Oktober=31, Nopember=30, Desember=31

Maka jumlah hari adalah 31 (Januari) + 28 (Pebruari) + 31 (Maret) + 30 (April) + 31 (Mei) + 30 (Juni) + 31 (Juli) + 31 (Agustus) + 16 (September) = 259



3. Angka tahun dikurangi dengan 1 = 2009-1 = 2008

4. Hasilnya dibagi dengan 4 dan abaikan angka desimalnya = 2008 : 4 = 502

5. Jumlahkan angka tahun dengan jumlah hari dan hasil perhitungan no.4 = 2009 + 259 + 502 = 2770

6. Hasilnya dibagi dengan 7 = 2770 : 7 = 395,7

7. Perhatikan angka desimalnya, dan cocokkan dengan tabel 2 di bawah. Angka desimalnya 7 = hari Rabu



Tabel 2

0 = Jumat, 1 = Sabtu, 2 = Minggu, 3 = Senin, 4 = Selasa, 5 = Rabu, 6 = Kamis, 7 = Rabu, 8 = Kamis



Artikel ini juga bisa dilihat di http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=15340

12 Juni 2010

Mengetahui Tanggal Lahir dan Usia Seseorang

Layar kalkulator akan menampilkan tanggal lahir anda, serta usia anda sekarang

1. Masukkan tanggal kelahiran anda pada kalkulator. Dahului bulan kelahiran, diikuti tanggal lahir (untuk angka bulan 1 sampai dengan 9 diketik dengan angka 0 di depannya, misalnya 01 = Januari), kemudian dua digit terakhir dari angka tahun.

2. Kalikan angka itu dengan 2

3. Hasilnya jumlahkan dengan 5

4. Kalikan hasilnya dengan 50

5. Tambahkan dengan 1758 kalau anda belum berulang tahun, atau 1759 jika anda sudah melewati hari ulang tahun anda tahun ini.

6. Kurangkan hasilnya dengan keempat digit angka tahun kelahiran.

Hasilnya adalah satu atau dua digit pertama adalah bulan kelahiran, dua digit kedua adalah tanggal lahir, dua digit ketiga adalah tahun kelahiran, dan dua digit terakhir adalah usia anda sekarang.



Artikel ini juga bisa dilihat di http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=15340

Mengetahui Tanggal Lahir Seseorang

Layar kalkulator akan menampilkan tanggal lahir anda; bulan/tanggal/tahun.

Langkah-langkah:

1. Kalikan angka bulan kelahiran dengan 4

2. Hasilnya tambahkan dengan 13

3. Kalikan 25

4. Dikurangi dengan 200

5. Tambahkan hasilnya dengan angka tanggal lahir

6. Kalikan 2

7. Hasilnya dikurangi 40

8. Kalikan 50

9. Tambahkan hasilnya dengan dua digit terakhir dari angka tahun (1980 diambil 80)

10.Terakhir kurangi dengan 10.500



Artikel ini juga bisa dilihat di http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=15340

30 Maret 2010

Teorema Phytagoras



Dalam matematika, teorema Pythagoras adalah suatu keterkaitan dalam geometri Euklides antara tiga sisi sebuah segitiga siku-siku.
Teorema ini dinamakan menurut nama filsuf dan matematikawan Yunani abad ke-6 SM, Phytagoras. Pythagoras sering dianggap sebagai penemu teorema ini meskipun sebenarnya fakta-fakta teorema ini sudah diketahui oleh matematikawan India (dalam Sulbasutra Baudhayana dan Katyayana), Yunani, Tionghoa dan Babilonia jauh sebelum Pythagoras lahir. Pythagoras mendapat kredit karena ialah yang pertama membuktikan kebenaran universal dari teorema ini melalui pembuktian matematis.

Ada dua bukti kontemporer yang bisa dianggap sebagai catatan tertua mengenai teorema Pythagoras: satu dapat ditemukan dalam Chou Pei Suan Cihng (sekitar 500-200 SM), satunya lagi dalam buku Elemen Euklides.